Rabu, 17 Juni 2015

Kegiatan Sosial di Pemukiman Sekitar Rel Kereta Api Stasiun Malang

Kegiatan Sosial di Pemukiman Sekitar Rel Kereta Api Stasiun Malang

Kami dari kelompok 5 telah melakukan observasi pemukiman di daerah sekitar stasiun rel kereta api desa Klojen Malang. yaitu dengan mengkaji kegiatan sosial di pemukiman padat sekitar rel kereta api.

Kelompok 5

Di daerah pemukiman padat sekitar rel kereta stasiun Malang ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Dahulu memang tidak sepadat saat ini, tetapi lama-kelamaan banyak penduduk yang bertempat tinggal disana. Meskipun berbahaya karena merupakan tepian di jalur kereta api, penduduk setempat terlihat nyaman bertempat tinggal di sekitar rel. Kenyamanan tersebut lahir dari kerukunan antar warga atau penduduk setempat.

Pemukiman Padat dan Bersih di Sekitar Rel

Terlihat tingkat sosialnya di daerah tersebut sangat tinggi. Dengan mengadakan berbagai macam kegiatan untuk mengisi waktu luang dengan tetap mengutamakan musyawarah dan diskusi bersama. Baik dengan kegiatan bagi ibu-ibu, bapak-bapak bahkan dari anak-anak kebersamaannya tetap terjaga. 

Kebersamaan Penduduk

Selain itu kegiatan sosial yang dilakukan oleh penduduk setempat ada bermacam-macam yaitu kegiatan ibu pkk, arisan dari bapak-bapak yang dilakukan sebulan sekali, kerja bakti, dan sebagainya. Dari setiap kegiatan sosial ini memberikan manfaat terhadap tiap warga maupun lingkungannya. Dengan adanya kegiatan ibu pkk, terdapat program untuk menanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) disetiap depan rumah yang nantinya tanaman toga ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan warga setempat. Kegiatan arisan bapak-bapak dilakukan yaitu agar menjaga kerukunan, bisa dikatakan juga dengan menabung. Dan kegiatan arisan ini yang biasa dilakukan oleh perempuan dilakukan berbeda yaitu oleh lelaki. Selanjutnya adalah kerja bakti, yaitu membuktikan bahwa pemukiman disekitar rel kereta api tidak selalu kotor, mereka membuktikan bahwa pemukiman mereka disekitar rel kereta api bersih. Memang terdapat beberapa sisi yang masih kotor dan kurang tersentuh oleh warga saat membersihkan karena yang lingkugan yang kotor tersebut yaitu halaman belakang rumah atau membelakangi rel, sedangkan yang lingkungan yang bersih merupakan rumah penduduk yang halaman depan menghadap ke rel.

Pemukiman Bersih

Pemukiman Kotor

Tanaman TOGA

Pada sore hari juga anak-anak bermain di sekitar rel dengan bapak-bapak dan ibu mengamati dari halaman rumah mereka, ada juga yang ikut bermain. Selain itu ada juga bapak bapak yang berkumpul membuat batu akik, jadi terlihat kerukunan diantara mereka sangat erat.
Kegiatan di Sore Hari

Membuat Kerajinan Batu Akik
Dengan kegiatan sosial di tempat pinggiran rel kereta api, mereka sudah merasa nyaman menetap disana dengan menjaga kebersamaan mereka meskipun fasilitas-fasilitas yang disediakan pemerintah kurang memadai. Untuk itu kita bisa belajar dari mereka mengenai kebersamaan dengan menerapkan kegiatan sosial di pemukiman padat di sekitar stasiun rel kereta api Klojen Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar